Jadi Dukun : Workshop Essential Oil

Jadi Dukun : Workshop Essential Oil

Selama ini aku tertarik banget ingin belajar tentang essential oil dan aromaterapi.. Tapi udah sejak taun kapan berusaha nyari2 informasi dan pelatihan bahkan sekolah untuk jadi aromaterapist, ga ada yang di Indonesia. Kepikiran buat ninggalin anak2 buat belajar beberapa hari itu rasanya ga ikhlas banget (lagian emang gabisa:D ). So, di bulan Februari akhir yang indah, entah kenapa seolah2 ada yang nyuruh aku iseng2 buka websitenya pak dukun Reza Gunawan … Bener2 intuisi lagi bekerja yang mengajak jari2 imut-ku buat ngetik alamat www.rezagunawan.com dan dalam sekejap tiba2 mata langsung tertuju pada sebuah link tab “Healing with Essential Oil”. Mata yang udah sayup2 tiba2 jadi cenghar sodara-sodari… wowwww… ini kudu musti hadir banget euy!

Walopun selama ini dah pake produk Essential Oil dari Young Living karena diracunin temen yang ngoleh2in dari antah berantah, tapi berasa ilmu masih kurang. Eniweiiiii… daftarlah sayah untuk menimba ilmu walopun workshopnya masih sebulan kemudian, langsung bayar dong mumpung ada dana-nya :D Bisi leungit mun lila mayarna. *eh maap sunda-nya keluar*

Buat yang pada bertanya2 apaan sih itu Theurapeutic Grade Essential Oil, tanya sama pakde wikipedia dulu deh.. klik klik disini aja. Inget ya.. Theurapeutic Grade! Yang jelas, bukan hanya sekedar wangi2an yang ngaku2 aromaterapi… Aroma-nya doang itu mah kaga ada unsur terapi2na acan. Essential Oil yang punya efek terapi, sebetulnya ada cara kerja teknis dan mekanisme yang indah luar biasa.. Tuhan sudah menciptakan sedemikian sempurnanya dari alam, dan manusia mengolah supaya bisa digunakan dengan maksimal.

Sebenernya rangkaian workshop dukun essential oil ini ada 4 hari. Sayangnya aku cuma bisa hadir di hari Jumat dan Minggu… plus.. awis euy. Tapi ini pun diusahakan banget dan dibela2in bangettttt… Kalo gak, kapan lagiiiihhh aaaaiiihh kapan lagiii *drama*.

Day 1 (for me) : Basic Essential Oil for Family

Dan di hari Jumat yang ditunggu2 pake deg2an tiap saat, berangkatlah daku yang tanpa disangka2 ternyata akhirnya nge-date sama Fonda. Horeee ada temennnn. Topik workshop Jumat malam ini adalah Healthy Children Happy Parents. Mostly sebenernya aku udah paham dan melakukan apa yg sudah dijelaskan di workshop, tapi pastinya ada beberapa hal baru yang ngebuka mataku lebih jauh lagi, dan nambahin list belanjaan Essential Oil donggggg.

Akhirnya aku jatuh cinta saat melihat Hong (trainer-nya dari Singapur), dia memperagakan bagaimana melakukan energy & aura healing dengan Essential Oil. Ahhhh ternyata gua bisa juga menggunakan Essential Oil ini untuk ngebantu client2 bumilku terutama untuk chakra balancing, energy healing (yg biasanya aku pake ideomotor), quantum maupun SEFT.. even better kalo bisa aku satukan dengan pendulum crystal quartz dalam melakukan energy healing *manggut2 takjub*.

Hong juga menunjukkan sekilas dalam melakukan mini raindrop therapy untuk anak2, yaitu mengoleskan beberapa jenis Essential Oil untuk imunitas, energy dan emosional, hanya di area tulang spinal (yg ternyata dilanjutkan pas minggu juga). Kita tau dong kalo spinal adalah sumber utama “batre”-nya manusia…

Lalu secara overall, Hong menjelaskan fungsi2 dari berbagai Essential Oil terutama untuk penyembuhan keluarga dan anak.. Jadi kebanyakan membahas masalah2 yang seringkali muncul pada anak2 kita, entah itu berhubungan dengan tubuh,pikiran maupun spiritual (body-mind-spirit). Ga kerasa tau2 udah jam 10 malem aja dahhhhh… ga sabar nunggu hari minggu, dimana pelajaran bersambung dengan lebih detil sampai ke teknik pijatan.

One little thing yang aku inget.. Saat jam 6 sore, asma-ku kumat dan aku lupa bawa inhaler. Biasanya, kalo aku lupa ngisep, si asma bakal bertambah parah dan bikin aku gabisa fokus ngapa2in.. Jadi sempet stress juga :( . Tapi entah kenapa.. begitu pertama duduk, Hong langsung ngebagiin peppermint untuk kita pake, dan aku dengan semangat 45 dong pake peppermint (maunya sih minta RC ihihihi). Dan dalam 15 menit, tiba2 asmaku hilang… totally hilang. Wow… takjub karena ternyata selama ini gue belom pernah nyobain pake peppermint utk asma (padahal punya ih).

Dan selama sesi itu, Hong sering sekali membagikan Essential Oil-nya untuk kita coba dimana2.. kuping, hirup, minum, telapak kaki, bawah kepala, vita flex dsb.. Sampe pulang2 ke rumah, aku wangiiiiiiii kayak baru pulang spa. Tapi satu lagi yang tiba2 aku rasakan..

Beberapa hari itu, my 9 months Ana lagi suka cranky kalo malem, maybe because she’s teething. Yang jelas tidurnya minta nenen terus dan kalo nenennya lepas, ngambek dia. Jadi walhasil aku nggak bisa tidur damai karena nyari posisi yang bisa mempertahankan pelekatan ngempeng terbaik. Tapi, pulang dari workshop, aku bersimbah wangi essential oil… Walopun mandi dulu abis pulang, wangi-nya tetep nempel dong awet. Lalu tidurlah aku bak putri spa di samping Ana yang udah tidur juga. Dan saat aku buka mata, oh ternyataa sudah jam 6 pagi lagi, Ana lagi toel2 aku (nggak cranky!) nggak nangis, malah senyum2.. sepanjang malam dia tidur nyenyakkkk.. Efek Essential oil kah? Who knows.. but I believe so.

Day 2 (for me) : Raindrop Technique Workshop

Senangnyaaa tiba2 10 menit sebelum aku berangkat, tau2 ditelpon mami Lanny yang pingin ikut workshopnya, belajar jadi dukun pijit Essential Oil. Jadi kubilang deh sama pak supir taksi buat nunggu kedatangan tamu kehormatanku biar berangkat bareng (soalnya taksi bluebird yeeee.. udah dateng 1/2 jam sebelom jam gue mo berangkat.. rajin beut)

Dan workshop pun dimulai setelah sebelumnya ketemu Hong pake cipika cipiki dulu *haiyah baru juga kenal 2 hari lalu*. Wow kali ini suasananya bener2 beda… Karena teknik yang dipelajari kali ini adalah teknik pijatan menggunakan Essential Oil yg disebut Raindrop Technique. Jauh lebih advanced, lebih dalam dan teknik ini bukan hanya sekedar “pijat” tapi kita juga belajar untuk menggunakan energi, spiritual dan emosi positif. Pijatannya pake feeling, dan teknik yang menurutku indah… seperti kata Hong “Like a dancer”. Walopun aku dah sering mempelajari teknik ini di youtube, tapi melakukannya langsung ternyata tidak segampang yang dilihat… apalagi megang2 badan orang *hihihi*.

Yes, kita langsung melakukan hands on practice dan salah satu model pijitnya adalahhhh… pak dukun kepala, Reza Gunawan. Kapan lagi bisa megang2 punggung mulusnya mas Reza coba hahaha.. Aku ngga akan menjabarkan detil mengenai teknik ini karena mendingan belajar sendiri. Sampe detik aku nulis blog ini, aku masih belajar terus dengan model-nya suamiku sendiri yg tiap hari aku ‘flick’ pake vitaflex technique, supaya ngirim setrum yang sempurna di spinal-nya.. dan masih babak belur dong jempol gue, belom berhasil sempurna.

Teknik ini menyempurnakan postur, menyehatkan chakra, menyehatkan tubuh dsb.. banyak sekali fungsinya, dan bukan hanya pada yg di terapi, tapi juga pada kita yang melakukannya karena dengan 9 macam Essential Oil (yang gue baru punya beberapa gituloh), efeknya kena pada tubuh kita juga sebagai pemijat. Makanya pemijatnya pun bisa ikut teler karena rileks dan bersih energi-nya :)

Selain itu, mini raindrops for kids juga dijelaskan lebih lengkap dibandingkan pas Jumat. Ternyata selain di tulang spinal, mini raindrops juga dioleskan di telapak kaki. Dan prosesnya pun hanya 1-2 menit untuk anak2 kita, karena manabisa deh anak2 itu diem selama 1.5 jam (lama-nya teknik raindrop yang lengkap). Etapi pas sampe rumah, Raka langsung tengkurep dong minta gue pijitin.. so aku prakteklah ke dia walopun ngga lengkap semua step-nya.

Nah, pada hari itu pun saat istirahat, aku curi2 waktu buat curhat sama Hong dan tanya2 mengenai penggunaan Essential Oil buat ibu hamil sampai melahirkan.. Ntar kapan2 aku ulas ya, karena curhatnya bersambung sama email2an dari Hong & istrinya juga biar lengkap. Seru ternyata :)

Workshop hari ke-2 yang lamanya 6 jam ini ngga kerasa betullll.. karena praktek terus dan banyak curhat, kenalan, ngobrol-nya.. Satu hal yang selalu aku rasakan kalo lagi kumpul, training, workshop dengan orang2 yang bidangnya sebagai energy healer… yaitu kerasa sekali positive energy-nya berada di sekitar mereka2 ini. Kayak nge-charge diri sendiri walopun praktek mijit bikin pegel, apalagi gue dengan semangat 45 pindah2 mijit ke mas Alex (model 1 lagi) dan mas Reza… Para model sih enak aja kali ya dipencet2 lengan2 halus para wanita.. ga ngeuh juga pastinya siapa yang mencet :)

Raindrop Technique ini aman untuk dilakukan pada wanita hamil.. dan teknik ini pun menggunakan sentuhan seperti pijat endorphine lho.. walopun sentuhannya hanya di awal2, buntut2nya pake tenaga dan tekanan juga, sampai kompres handuk panas juga .. nikmat ga tuhhhh.. ada yang mau jadi model latihanku? :) )

Chakra Balancing with Essential Oil


Well.. mungkin sekian aja yang bisa aku ceritain mengenai pengalaman jadi dukun Essential Oil. Next time, kalo pak dukun Reza bikin workshop ini, buruan ikutan deh.. ilmu yang luar biasa dan kapan2 kali dateng ke Indonesia.